Senin, 28 Februari 2011

Kurikulum MI MUHAMMADIYAH 2

KURIKULUM
MI  MUHAMMADIYAH 2
KOTA BANDUNG
MI  MUHAMMADIYAH 2
Jl. Cibunut No. 30 /34 A Kel. Kebon Pisang
Kecamatan Sumur Bandung 40112
Kota Bandung
PENGESAHAN
Nomor  :  046/MIM/2/VII/2010
Setelah mempertimbangkan masukan dari komite madrasah, Ketua PCM Sumur Bandung dan Majlis Dikdasmen maka kurikulum MI Muhammadiyah 2 kota Bandung tahun pelajaran 2010/2011 ditetapkan berlaku terhitung mulai bulan Juli 2010.
Pada akhir tahun pelajaran, pelaksanaan kurikulum ini akan dievaluasi dan/atau ditinjau ulang yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunan dan penetapan KTSP untuk tahun pelajaran berikutnya.
Ditetapkan di Bandung
Mengetahui :                                          Pada  tanggal    :  12  Juli 2010 Ketua PCM Sumur Bandung                                                   Kepala Madrasah
Dedi Junaedi S.E Udin Nasrudin S.Ag
Mengetahui :
a.n. Kepala Kementrian Agama Kota Bandung
Kepala  Seksi Mapenda
Drs. H. Zaidin Burhani, M.M.Pd
NIP. 195412051979031005
i
DAFTAR ISI
Halaman pengesahan …………………………………………………………. i
Kata Pengantar ……………………………………………………………….  ii
Daftar Isi …………………………………………………………………….  iii
Dokumen I
BAB  I  PENDAHULUAN
A   Latar belakang ………………………………………………………     1
  1. Landasan ……………………………………………………………     3
  2. Tujuan penyusunan kurikulum ………………………………………  .3
  3. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum …………………………      3
BAB  II    TUJUAN
  1. Tujuan Pendidikan MI Muhammadiyah 2 …………………………       5
  2. Visi Madrasah  ………………………………………………………… 5
  3. Misi Madrasah ………………………………………………………… 6
  4. Tujuan Madrasah ……………………………………………………     6
  5. Profil MI Muhammadiyah 2  ……………………………………….      6
    1. Sejarah ………………………………………………………     6
    2. Program Prioritas ……………………………………………     7
BAB III  STRUKTUR  DAN  MUATAN KURIKULUM
  1. Struktur Kurikulum ………………………………………………  .      8
  2. Muatan Kurikulum …………………………………………………     14
  3. Muatan Lokal ………………………………………………………… 21
iii
  1. Pengembangan diri …………………………………………………     21
  2. Pengaturan beban belajar …………………………………………….   21
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal ………………………………………      23
  4. Kriteria Kenaikan Kelas ……………………………………………     24
  5. Kriteria Kelulusan Peserta Didik ……………………………………    24
BAB IV     KALENDER PENDIDIKAN
  1. Minggu dan jam efektif ………………………………………………   26
  2. Kegiatan minggu tidak efektif  ……………………………………….   27
  3. Kalender kegiatan madrasah …………………………………………    28
BAB V   PENUTUP ………………………………………………………..    29
  1. Lampiran
a. Contoh Silabus
b. Contoh RPP
c. Kalender Pendidikan Madrasah Tahun 2010/2011
iv
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur  kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala karunia Nya, Shalawat dan salam kepada Rosulullah Muhammad SAW, Tim penyusun kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 2 Kota Bandung, dapat menyelesaikan peyusunan  kurikulum untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam menentukan berbagai kebijakan dan kegiatan belajar mengajar agar terencana, terarah dan terprogram sehingga tepat tujuan yang akan dicapai khususnya dalam menghantarkan peserta didik menjadi  manusia Indonesia seutuhnya yang beriman, berilmu dan beramal sholeh dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
Dalam penyusunan kurikulum ini, kami berupaya semaksimal mungkin menyajikan konsep, perangkat serta strategi  yang ideal, namun karena keterbatasan  yang ada pada kami kemungkinan untuk salah selalu ada. Oleh karena itu kritik atau saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan di masa yang akan dating.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu serta membimbing kami sehingga kurikulum ini dapat tersusun khususnya kepada Ibu Ida Khodijah (Mapenda) yang telah membimbing kami dalam penyusunan kurikulum  ini.
Bandung, 12  Juli 2010
Kepala Madrasah
Udin Nasrudin S.Ag
ii
BAB  I
PENDAHULUAN
A Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan menganai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta keesuaian dengan kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan serta peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional pendidikan terdiri atas  :   Standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Dua dari delapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu  standar isi dan standar kompetensi lulusan merupakan acuan utama  bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta
1
berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan  (BNSP). Selain dari itu penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam  UU No. 20 Tahun 2003 dan PP No. 19 Tahun 2005.
MI  Muhammadiyah 2 Sumur Bandung telah melakukan penyusunan KTSP pada tahun  ajaran 2010/2011 berdasarkan surat keputusan Kepala MI Muhammadiyah  2 Sumur Bandung nomor :  040/ MIM/2/Kep/VII/2010 tentang  Tim Penyusun dan tim penelaah kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Kurikulum Satuan Pendidikan  MI  Muhammadiyah 2 Sumur Bandung merupakan hasil kerja tim terdiri atas dua dokumen. Pertama , Dokumen 1 KTSP yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan  dengan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  yang terdapat dalam SI  dan SKL. Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU NO. 20/2003 dan ketentuan  PP No. 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua Dokumen 2. KTSP ini terdiri dari silabus  yang dikembangkan dari Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar.
Kurikulum Satuan Pendidikan MI Muhammadiyah 2 Sumur Bandung diusun  antara lain agar dapat memberi kesempatan kepada peserta didik agar :
  1. belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. belajar untuk memahami dan menghayati
  3. belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
  4. belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain
  5. belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan..
2
B. Landasan
Yang menjadi landaan dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  MI Muhammadiyah  2 adalah :
a. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
c. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
d. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
e. Permendiknas  No. 24 Tahun 2006 tentang  pelaksanaan Permendiknas  No. 22 dan
No. 23 Tahun 2006 yang telah diubah dalam Permendiknas  No.6 Tahun 2008
f. Permendiknas  No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
g. Permenag N0 2 Tahun 2008 tentang Standar Isi dan Standar Kelulusan
Bahasa Arab dan PAI.
C. Tujuan Penyusunan Kurikulum
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI Muhammadiyah 2 Sumur Bandung bertujuan untuk dijadikan pedoman penyelenggaraan satuan pendidikan khusus untuk kompetensi Kognitif, Afektif dan Psikomotor  sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  pada jenjang pendidikan berikutnya  ( SLTP)
  1. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum tingkat satuan pendidikan MI Muhammadiyah 2 Sumur Bandung dikembangkan oleh sekolah, Komite Sekolah, dan Dikdamen/PCM dengan berpedoman kepada  standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan
3
penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP,   KTSP ini dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut :
a. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta
didik dan lingkungannya.
b. Beragam dan terpadu.
c. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni
d. Relavan dengan kebutuhan hidup
e. Menyeluruh dan berkesinambungan
f. Belajar sepanjang hayat
g. Seimbang antara kepentingan Nasional dan kepentingan Daerah.
4
BAB II
T  U  J  U  A  N
A. Tujuan Pendidikan MI Muhammadiyah 2 Bandung
Mengacu kepada tujuan umum pendidikan dasar, maka tujuan pendidikan MI Muhammadiyah 2 adalah :
1. Meningkatkan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT
2. Menigkatakan perilaku akhlak mulia bagi peserta didik
3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik sesuai dengan bakat
dan minat yang dimiliki oleh peserta didik
4. Mengembangkan kepribadian manusia Indonesia seutuhnya yang sehat jasmani
dan ruhaninya.
5. Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang
mandiri dan berguna.
6. Memepersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikut
nya.
B.   Visi MI  Muhammadiyah 2 Sumur Bandung
Terwujudnya MI yang mandiri dalam pengelolaan, Standar dalam pelayanan dan   unggul dalam mutu lulusan serta kompeten dan kompetitif.
5
C. Misi MI  Muhammadiyah 2 Sumur Bnadung
a. Memberikan warana Islami bagi dunia pendidikan
b. Menyiapkan generasi yang tangguh dan mampu menghadapi tantangan.
c. Menyiapkan generasi muslim yang beriman, berilmu dan beramal
d. Mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang sehat jasmani dan  ruhani.
D. Tujuan Madrasah
Tujuan Madrasah adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, Akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. (BSNP 2006). Tujuan ini menjadi landasan dalam menentukan tujuan pendidikan dasar.
E. Profil MI Muhammadiyah 2 Bandung
I. Sejarah
MI Muhammadiyah 2 berdiri pada Tahun 2005, dibawah koordinasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sumur Bandung . Memperoleh Izin Oprasional menyelenggarakan pendidikan dasar dari kantor Kementrian Agama Kota Bandung pada tanggal 29 Agustus 2005 dengan NSM 212327321076.
Sampai dengan saat ini tahjun pelajaran 2010/2011 tenaga pendidik dan kependidikan terdiri dari 10 orang dan jumlah siswa sebanyak 96 orang yang terdiri dari 6 rombongan belajar.
6
II.  Program Prioritas
MI Muhammadiyah 2 memiliki program prioritas yang terdiri dari program jangka pendek ( 1 tahun ), program jangka menengah ( 3 tahun ) dan program jangka panjang ( 6 tahun).
1. Program jangka pendek
a. Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif,  kretif, efektif dan menyenangkan.
(PAKEM)
b. Mendidik siswa yang belum bisa / belum lancar membaca huruf latin (Alphabet)
c. Mendidik siswa yang belum bias / belum lancer membaca Al quran
d. Membiasakan siswa shalat wajib lima waktu diantaranya  dhuhur berjamaah
e. Membiasakan siswa melaksanakan shalat sunat dhuha
f. Mendidik siswa untukhafal  99 asmaul husna.
g. Mendidik siswa untuk menghafal juz amma (an-nas – al lail)
h. Membekali siswa dengan keterampilan computer
i. Mengembanhkan potensi anak dalam seni dan olah raga
j. Mempersiapkan siwa untuk siap dalam menghadapi UN/UM dengan program
pemantapan
k. Mengikutsertakan guru dalam bimbingan dan pelatihan
l. Menciptakan suasana kondusip baik dalam lingkungan sekolah maupun dengan
lingkungan masyarakat sekitar sekolah.
7
2. Program jangka menengah
a. Melakukan pembinaan kepada tenaga pendidik dan kepedidikan tentang
profesionalisme kerja.
b. Meningkatkan nilai rata-rata ujian nasional untuk mata pelajaran Matematika,
IPA, dan Bahasa Indonesia dan nilai rata-rata ujian akhir madrasah untuk mata
Pelajaran lainnnya..
c.  Terpenuhinya Media Pembelajaran (Internet, alat  olah raga)
d.  Lingkungan sekolah yang hiaju dan asri
e.  Renovasi ruang kelas sebanyak 2 lokal
3. Program jangka panjang
a. Menciptakan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan bermartabat
b. Rehabilitasi bangunan / ruang belajar yang memenuhi standar kelayakan pem
belajaran..
c. Merintis sekolah berstandar Nasional.
4. Rencana Strategis
Pola penyelenggaraan kurikulum acuan pendidikan menggunakan pendekatan atau pola pendidikan sistem ganda (PSG) yaitu siwa belajar di sekolah dan siswa belajar di rumah.dengan memberikan tugas  ( PR ).
8
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. STRUKTUR KURIKULUM
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) MI Muhammadiyah 2 Sumur Bandung meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran  agama
2. Kelompok mata pelajaran Kewarga negaraan dan kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Kelompok mata pelajaran estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
Kelima Kelompok mata pelajaran terebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan  dalam PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan Pasal 6 ayat (1).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI Muhammadiyah 2  disusun dengan memperhatikan kelompok mata pelajaran terebut dengan cakupan sebagaimana  tertuang pada table berikut ini :
NO Kelompok Mata  Pelajaran   Cakupan
  1.   Agama dan Akhlak Mulia   Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentukpeserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
9
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
  2.   Kewarganegaraan
Dan Kepribadian
  Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawsan peserta didik akan status, hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesdaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggungjawab social, ketaatan pada hokum, ketaatan membayar pajak  dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
  3.   Ilmu Pengetahuan
dan Tekhnologi
  Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi pada SD/MI dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
10
  4.   Estetika   Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual  sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
  5.   Jasmani, Olahraga dan Kesehatan   Kelompok mata pelajaran jasmani olahraga dan kesehatan pada SD/MI dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termsuk kesadaran, sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
11
Mata Pelajaran dan alokasi waktu dapat dilihat  pada table struktur
Kurikulum berikut ini : :
Struktur Kurikulum MI Muhammadiyah 2
  KOMPONEN KELAS DAN ALOKASI WAKTU
I II III IV V VI
A. Mata Pelajaran





1. Pendidikan Agama





a. Al-Qur’an Hadits


2 2 2
b. Aqidah Akhlak


2 2 2
c. Fiqih


2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam


2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan


2 2 2
3. Bahasa Indonesia


5 5 5
4. Bahasa Arab TE MA TIK 2 2 2
5. Matematika


5 5 5
6. Ilmu Pengetahuan Alam


4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial


3 3 3
8. Seni Budaya dan Keterampilan


4 4 4
9. Pendidikan Jasmani & Kesehatan


4 4 4
  B.  Muatan Lokal   12




1. Bahasa Sunda


2 2 2
2. Bahasa Inggris


2 2 2
3. PLH


1 1 1
4. Kemuhamadiyahan  

1 1 1
JUMLAH 31 31 33 43 43 43
  C.  Pengembangan Diri / Ekskul (*)





1.   Marching band





  1. Seni Lukis






  1. Pramuka













*) Ekwivalensi  2 Jam pelajaran
Pendekatan Pembelajaran pada kelas I s/d kelas III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d kelas VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
13
B. MUATAN KURIKULUM
Mata pelajaran dan tujuannya pada  Satuan Pendidikan Dasar / MI  adalah sebagai berikut :
1. Mata Pelajaran
1. Pelajaran  Fiqih
Tujuan :
Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah  bertujuan untuk membekali peserta didik agar  dapat
a. mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum islam secara terperinci dan
menyeluruh, baik berupa dalil naqli maupun aqli. Pengetahuan dan pemahaman
tersebut diharapkan  menjadi pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial
b. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum islam dengan benar. Penga
malan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan ketaatan menjalankan hokum
islam, dengan disiplin dan tanggung jawab social yang tinggi dalam kehidupan
pribadi maupun sosialnya.
2. Pelajaran  Al-Qur’an Hadits
Tujuan :
Pembelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk memberi-
kan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasa
kan dan menggemari Al-Quran dan Hadits serta menanamkan pengertian,pemaha
man, dan penghayatan isi kandungan ayat –ayat Al Quran Hadits untuk mendo-
rong, membina dan membimbing akhlak dan prilaku peserta didik agar berpedo-
man kepada Al Quran dan Hadits sesuiai dengan isi kandungan ayat-ayat  Al Qur-
an dan Hadits.
14
3.  Pelajaran Aqidah Akhlak
Tujuan :
Mata Pelajaran Aqidah Akhlak bertujuan untuk  menumbuhan dan meningkatkan
keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya  yang terpuji, melalui
pemberian  dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta penga
laman peserta didik tentang akidah dan akhlak islam sehingga menjadi manusia
muslim yang terus berkembang  dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketak
waannya  kepada Allah swt. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi,mas
syarakat, berbangsa, dan bernegara serta unutuk dapat melanjutkan pada jenjang
pendidikan yang lebih tinggi.
4.  Pelajaran  Sejarah Kebudayaan Islam
Tujuan :
a. Memberikan pengetahuan sejarah Islam dan kebudayaanIslam kepada peserta
didik.
b. Mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah.
c. Menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk berakhlak berdasar
kan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
d. Membekali peserta didik untuk membentuk kepribadiannya berdasarkan tokoh
tokoh teladan sehingga terbentuk kepribadian yang luhur.
15
5.  Pelajaran PKN
Tujuan :
a. Berfikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menangapi isu kewarganegaraan
b. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas
dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi.
c..Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri  berdasarkan
karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa
bangsa lainnya.
d. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung
atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi.
6.  Pelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan :
a. Berkomunikasi secara aktif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis.
b. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persa-
tuan dan bahasa Negara.
c. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif un-
tuk  berbagai tujuan.
d. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual,
serta kematangan emosional dan social.
16
e. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, mem-
perhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ber –
bahasa.
f. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
7.   Pelajaran Bahasa Arab
Tujuan :
a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam ben
tuk lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi meliputi mendengarkan (istima)
berbicara (kalam), membaca (qiroah) dan menulis (kitabah).
b. Menumbuhkan kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Arab sebagai
salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam
mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antar bahasa dan buda-
ya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik memili-
ki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
8.  Pelajaran Matematika
Tujuan :
a. Memahami konsep matematika,menjelaskan keterkaitan antar konsep dan meng
aplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien,dan tepat  dalam
pemecahan masalah.
17
b. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika
dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan       dan
pernyataan matematika.
c. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah,    meran-
cang model matematika, menyelesaikan model dan menapsirkan solusi yang  di
peroleh.
d. Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, table, diagram atau media lain  un
tuk memperjelas keadaan atau masalah.
e. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memi
liki rasa iingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika,  serta
sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
9.  Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan :
a. Meningatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan
keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaannya.
b. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep  dan
prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Mengembangkan rasa inigin tahu, sikap positif, dan keasadaran terhadap adanya
hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, tekhnologi     dan
masyarakat.
d. Melakukan inquiriilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir bersikap dan
bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
18
e. Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara,menjaga      dan
melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
f. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya seba-
gai salah satu ciptaan Tuhan.
g. Meningkatkan pengetahuan, konsep dan keterampilan  IPA sebagai dasar untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
10. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan :
a. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan
lingkungannya.
b. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inqu
iri, memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan social.
c. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan.
d. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam
mayarakat yang majemuk di tingkat local, nasional dan global.
11.  Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
Tujuan :
a. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
b. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
c. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
19
d. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat local, regional
maupun global.
12.  Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Tujuan :
a. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan
dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
b. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
d. Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai
yang terkandung di dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
e. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerja sama
percaya diri dan demokratis.
f. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang
lain dan lingkungan.
g. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang besih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang  sempurna,    pola
hidup sehat dan kebugaran, terampil serta memiliki sikap yang positif.
20
2. Muatan Lokal
Muatan local merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi
yang diesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah. Termasuk      keunggulan
daerah yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain  dan
atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi
muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajar
an keterampilan. Sesuai dengan karakteristik masyarakat Jawa Barat umumnya
dan masyaraat Kota Bandung khususnya, maka ditetapkan muatan lokal  di MI
Muhammadiyah 2 :
  1. Mata Pelajaran Bahasa Sunda dengan beban pelajaran  2 jam pelajaran/minggu
  2. Mata Pelajaran PLH dengan beban pelajaran 1 jam pelajaran/minggu.
  3. Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan beban pelajaran  2 jam/minggu
  4. Kemuhammadiyahan dengan beban pelajaran 1 jam pelajaran/minggu
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada
Siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan
Bakat, minat peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan
diri dipasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan
yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengemba-
ngan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang
berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan soial, belajar dan pengem-
bangan karir siswa serta kegiatan kepramukaan, kepemimpinan, dan kelompok   -
21
ilmiah remaja. Sesuia dengan minat peserta didik dan kondisi MI Muhammadiyah
2 maka kegiatan pengembangan diri ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstra
kurikuler diantaranya adalah :
  1. Kegiatan Kepramukaan
  2. Kegiatan seni rupa (melukis)
  3. Kegaiatan seni musik (Marching band)
  4. Komputer
4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peser
ta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistim tatap muka, penu –
gasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Kegiatan   tatap      muka
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta     didik
dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pelajaran adalah   35
menit . Beban belajar kegiatan tatap muka perminggu adalah 43 jam pelajaran.
Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman ma-
te ri pembelajaran oleh peerta didikyang dirancang oleh pendidik untuk mencapai
standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan ditentukan oleh pendidik.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pen-
dalamn materi pembeljaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk
mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur oleh peerta didik.
Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksi-
mum 50 % dari jumlah waktu kagitan tatap muka dari mata pelajaran yang      ber-
sangkutan.
22
5. Kriteria Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indicator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian
hasil  belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100 %. Kriteria ideal
ketuntasan untuk masing-masing indicator adalah 75 % . Dengan mempertimbang
kan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pen
dukung yang ada di MI Muhammadiyah 2 maka ditetapkan ketuntasan belajar    –
untuk setiap mata pelajaran sebagai berikut :
NO MATA PELAJARAN KKM / KELAS
I II III IV V VI
1 Al-quran Hadits 60 60 65 70 70 70
2 Akidah Akhlak 65 65 65 70 70 70
3 Fiqih 65 65 65 70 70 70
4 Sejarah Kebudayaan Islam


65 65 65
5 PendidikanKewarganegaraan 65 65 65 65 65 65
6 Bahasa Indonesia 65 65 65 70 70 70
7 Bahasa Arab 60 60 60 60 60 60
8 Matematika 60 60 60 60 60 60
9 IPA 65 65 65 65 65 65
10 IPS 60 60 60 65 65 65
11 SBK 60 60 60 65 65 65
12 Penjaskes 60 60 60 65 65 65
13 Bahasa Sunda  65 65  23 65 70 70 70
14 Bahasa Inggris 60 60 60 65 65 65
15 PLH 60 60 60 65 65 65
16 Kemuhammadiyahan


65 65 65
6. Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. criteria kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Ktiteria kenaikan
kelas diatur oleh ketentuan yang berlaku di madrasah ini. Kriteria kenaikan kelas
yang diterapkan di MI Muhammadiyah 2 adalah sebagai berikut :
1. Presentasi kehadiran tatapmuka peserta didik minimal 75 % dari hari efektif
Belajar dalam dua semester.
2. Memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal untuk setiap mata pelajaran
3. Berakhlakul karimah (bersikap baik) dalam perkataan, sikap dan tindakan.
b. Kriteria Kelulusan Peserta Didik
Kriteria kelulusan sesuai dengan ketentuan PP 84 pasal 20 ayat (1) dan Keputusan
Dirjen Pendidikan Islam Nomor DJ.I/576/2009 adalah bahwa peerta didik dinyata
kan  lulus dari satuan  pendidikan dasar dan menengah setelah :
1. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelaja-
ran  kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarga  -
negaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok   -
mata pelajaran jasmani,olahraga dan kesehatan.
24
2.   Lulus Ujian Madrsah untuk kelompok mata pelajaran tertentu
3.   Lulus Ujian Nasional  memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata
pelajaran yang diujikan dengan nilai minimal  4,00
  1. Hafal juz amma sekurang-kurangnya 20 surat
  2. Tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.
7.  Pendidikan Kecakapan Hidup
Kurikulum MI Muhammadiyah 2 memasukan pendidikan kecakapan  hidup dimaksudkan untuk memberikan kecakapan  personal, kecakapan sosial, kecakapan inteelektual diantaranya adalah  kursus komputer. Dengan memiliki kecakapan hidup (life skill) diharapkan anak memiliki kepercayaan diri yang baik..
8. Pendidikan berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis keunggulan local dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu Kurikulum MI Muhammadiyah 2 Memasukan Pelajaran Komputer bagi peserta didik dalam pelajaran ekskul. Dengan memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang teknologi ini  diharapkan siswa dapat menguasai dan mampu memanfaatkan teknologi ini dalam kehidupannya dimasa yang akan datang sehingga mereka memiliki pengetahuan yang kompetitip.
25
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan  MI Muhammadiyah 2 disusun dengan berpedoman kepada kelender pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional yang disesuaikan dengan program madrasah.
A. Minggu dan jam efektif
  Semester   Bulan jumlah
Minggu Efektif Tidak Efektif
  I Juli  Agustus
September
Oktober
November
Desember
5  4
5
4
4
5
3  3
3
5
4
2
2  1
2
0
0
2
Jumlah 6 bulan 27 20 7
  II Januari  Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
4  4
4
4
4
5
2  4
3
3
2
3
2  0
1
1
2
2

6 bulan 25 17 8
Jumlah minggu Dalam  1 tahun 52 37 15
26
Keterangan :
  1. Rekapitulasi minggu efektif
    1. Semester I  ( Juli – Desember) :
Jumlah minggu  = 27 minggu
Jumlah minggu efektif = 20 minggu
Jumlah jam efektif 20 x 43 jam/minggu = 860 jam pelajaran
Jumlah minggu tidak efektif = 7 minggu
    1. Semester II (Januari – Juni )
Jumlah minggu = 25 minggu
Jumlah minggu efektif = 17 minggu
Jumlah jam efektif 17 x 43 jam/minggu = 731 jam pelajaran
Jumlah minggu tidak efektif =  8 minggu
    1. Jumlah jam pelajaran efektif dalam 1 tahun adalah 860 + 731 =  1591
Jam pelajaran
B. Kegiatan Minggu Tidak Efektif.
BULAN TANGGAL JML MG KEGIATAN
Juli  2010  Agustus 2010
September
Oktober
Desember
Desember
Maret 2011
Maret 2011
April
Mei
Juni
12 – 14  10 -12
08 – 18
27 – 02
08 – 14
15 – 23
03 – 06
21 – 26
17 – 20
04 – 06
13 – 18
1  1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Masa Taaruf Siswa  Libur awal Ramadan
Libur Hari raya Idul Fitri
UTS
Ulangan Umum Semester 1
Pekan Olahraga dan seni
TO kelas VI
27
UTS
Pra UN
UASBN
Ulangan Umum Semester 2
B. Kalender Kegiatan Madrasah
NO TANGGAL KEGIATAN
1 Juli minggu II Rapat awal tahun ajaran
2 Juli minggu II Awal KBM Semester ganjil untuk kelas 2 – 6
3 Juli minggu II Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah  kls 1
4 Agustus minggu II Libur awal Puasa
5 Agustus  minggu III Pengajian  Ramadhan
6 September minggu III Libur idul fitri
7 Oktober  minggu II Ulangan tengah semester
8 Desember minggu III Ulangan Akhir Semester 1
9 Deseber minggu IV Pembagian raport
10 Januari minggu I Libur Semester 1
11 Januari minggu II Hari pertama masuk sekolah
12 Maret minggu III Ulangan Tengah Semester
13 Mei  minggu I UASBN
14 Juni minggu II Ulangan Semester 2
15 Juni minggu IV Pembagian raport
16 Juni minggu IV Libur Semester 2
28
BAB  V
PENUTUP
Alhamdulillah dengan memnjatkan syukur kepada Illahirobbi Allah swt, atas berkat rahmatnya kami dapat menyelesaikan penyusunan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 2 Bandung ini, semoga bermanfaat bagi proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah kami ini sebagai pedoman dan acuan dalam penyelenggaraan proses belajar bengajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Tak lupa Shalawat dan salam semoga tetap terlimpah kepada Nabi Muhammad saw, kepada keluarga dan sahabatnya tak lupa kepada semua umatnya,
Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua piak yang telah membantu kami dalam penyusunan kurikulum ini. berikut ini kami lampirkan  beberapa hal diantaranya adalah :
1. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar untuk pelajaran Mulok yaitu
Kemuhammadiyahan.
2.  Silabus Pelajaran IPS kelas III semester 1
3.  Silabaus Pelajaran Fiqih kelas V semester 1
4.  Dua buah RPP
29
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN
MATA PELAJARAN         :       KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :        III  /  1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  1. Memahami Perguruan Muhammadiyah
Dan Perjuangannya.
  1.1 Menyebutkan ciri-ciri perguruan
Muhammadiyah.
1.2 Menceritakan perjuangan muhamadi-
yah dalam menyiarkan islam
1.3 Menjelaskan peran Muhamadiyah da-
lam  memperjuangkan kemerdekaan
Bangsa dan Negara
1.4 Mensyukuri nikmat Allah dengan peri
Laku sesuai gerakan muhammadiyah
MATA PELAJARAN         :        KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :       III   /   2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  2. Mengenal cara perayaan hari besar
Islam dan meneladani sikap kepemim-
pinan muhammadiyh
  2.1 Menjelaskan Cara merayakan hari
besar islam menurut tuntunan Nabi
Muhammad saw..
2.2 Membiasakan perilaku diri dari mene
rima kelahiran hingga kematian
2.3 Mengenal keteladanan pemimpin,
kepala keluarga, kepala sekolah,
pemimpin muhammadiyah.
MATA PELAJARAN         :      KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :      IV  /   1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  3. Memahami sejarah masuknya islam
Ke Indoneia dan Persyarikatan Muham
madiyah
  1.1 Menceritakan  masuknya Islam ke-
Indonesia.
1.2 . Menjelaskan  Pengertian  Persyarika
tan Muhammadiyah
1.3  Menjelaskan latar belakang berdiri
nya Muhammadiyah
1.4 Menyebutkan Pendiri Muhamadiyah
1.5  Menjelaskan lamabang Muhammadi-
yah
MATA PELAJARAN         :      KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :      IV  /   2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  4. Memahami Gerakan Muhammadiyah
dan Perjuangannya
  2.1  Menyebutkan Gerakan Muhamadi
yah
2.2  Menjelaskan gerakan tajdid
Muhammadiyah
2.3    Menjelaskan  Perjuangan Muhamma
diyah
2.4    Menyebutkan peran muhamadiyah
dalam melaksanakan pembangunan
Bangsa dan Negara
MATA PELAJARAN         :      KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :      V  /   1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  5. Memahami  Maksud dan jenis Amal
Usaha Muhammadiyah dan ortomnya
  1.1  Menjelaskan Pengertian  Amal
Usaha muhammadiyah
1.2 Menyebutkan dan menjelaskan
Jenis-jenis amal usaha Muhamadiyah
1.3 Menjelaskan fungsi amal usaha
Muhammadiyah
1.4 Menyebutkan Organisasi otonom
Muhamadiyah dan peran kesejarahan
Nya.
MATA PELAJARAN         :      KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESTER      :      V  /   2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
  6. Memahami struktur organisasi
Muhammadiyah dan mengenal Tokoh
Nasional Muhammadiyah
  2.1 Mengenal Struktur Pimpinan Muham
madiyah
2.2 Menyebutkan nama-nama pemimpin
Muhammadiyah
2.3 Menjelaskan tugas Pimpinan
Muhammadiyah sesuai tingkatannya
2.4 Mengenal tokoh-tokoh Muhammadi-
yah dan tokoh Nasional Muhammadi
yah
2.5 Menjelaskan riwayat hidup tokoh
Muhamadiyah
2.6 Meneladani akhlak tokoh-tokoh
Muhammadiyah
MATA PELAJARAN         :      KEMUHAMMADIYAHAN
KELAS / SEMESSTER      :      VI  /   1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
7. Memahami Organisai Muhammadiyah  Dan keanggotaannya. 1.1 Menjelaskan Organisasi Muhamma-  diyah
1.2 Menjelaskan Keanggotaan Muhamma
diyah
1.3 Menjelaskan Permusyawaratan dalam
bermuhammadiyah
KELAS / SEMESTER      :      VI  /   2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
8. Memahami Majlis dan kepribadian  Muhammadiyah 2.1  Menyebutkan Majlis-majlis dalam  Muhammadiyah
2.2  Menjelaskan  Kewajiban siswa
Muhamadiyah
2.3   Menyebutkan Kepribadian pelajar
Muhammadiyah
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
MATA PELAJARAN EKSKUL   KOMPUTER
KELAS  :    1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami perangkat  Komputer
2. Memahami cara mengoprasikan
Komputer
1.1. Menyebutkan Nama perangkat  Komputer
1.2. Menyebutkan fungsi perangkat
Komputer
2.1      Menyebutkan cara  menghidupkan dan mematikan komputer
2.2      Dapat mengetik huruf menggunakan
komputer
KELAS  :    2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami perangkat  Komputer
2. Memahami cara mengoprasikan
Komputer
1.1. Menyebutkan Nama perangkat  Komputer
1.2. Menyebutkan fungsi perangkat
Komputer
2.3      Menyebutkan cara  menghidupkan dan mematikan komputer
2.4      Dapat mengetik huruf menggunakan
Komputer.
KELAS  :    3
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami perangkat  Komputer
2. Memahami cara mengoprasikan
Komputer
1.1. Menyebutkan Nama perangkat  Komputer
1.2. Menyebutkan fungsi perangkat
Komputer
2.5      Menyebutkan cara  menghidupkan dan mematikan komputer
2.6      Dapat mengetik huruf menggunakan
komputer
KELAS   4  :
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami Mikrosof  Window
2. Memahami mikrosof Word
Mengenal tombol star  Mengenal shutdown
Mengenal program
2.1    Menjalankan word
2.2    Garis Naskah
2.3    Memulai lembar kerja
2.4    Simpan Naskah
2.5    Buka Naskah
KELAS   5
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami Mikrosof  Window
2. Memahami mikrosof Word
Mengenal tombol star  Mengenal shutdown
Mengenal program
2.1  Menjalankan word
2.2  Garis Naskah
2.3  Memulai lembar kerja
2.4  Simpan Naskah
2.5  Buka Naskah
KELAS   6
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mengenal dan memahami Mikrosof  Window
2. Memahami mikrosof Word
3. Memahami Mikrosof Excel
1.1  Mengenal tombol star  1.2  Mengenal shutdown
1.3  Mengenal program
2.1  Menjalankan word
2.2   Membuat Garis Naskah
2.3  Memulai lembar kerja
2.4  Simpan Naskah
2.5  Buka Naskah
3.1  Menjalankan Excel
3.2  Garis Naskah
3.3  Memulai lembar kerja
3.4  Simpan Naskah
3.5  Buka Naskah
JANJI PELAJAR MUHAMMADIYAH

Bismilahirrihmanirohim
Asyhadu alla ilaaha illalloh
Waasyhadu anna Muhammadan abduhu warosuluh
Kami Pelajar Muhammadiyah berjanji :
  1. Menjunjung tinggi perintah agama islam
  2. Hormat dan patuh pada orang tua dan guru
  3. Bersih lahir batin dan teguh hati
  4. Rajin belajar dan giat bekerja serta beramal
  5. Berguna bagi masyarakat dan Negara
  6. Sanggup melangsungkan amal usaha muhammadiyah
KEPRIBADIAN PELAJAR MUHAMMADIYAH

  1. Bangun pagi-pagi ketika azan didengungkan  dari menara mesjid
  2. Bacalah Al Quran semampu kalian
  3. Persiapan alat-alat sekolah
  4. Bantulah pekerjaan ayah dan ibu di rumah
  5. Berangkatlah ke sekolah dengan hati yang tenang sambil berdoa
  6. Jangan lupa shalat dzuhur
  7. Setelah makan siang, bantulah pekerjaan ayah dan ibu di rumah
  8. Jangan lupa shalat ashar tepat pada waktunya
  9. Ulangilah pelajaran yang kalian pelajari hari itu
  10. Barangkali kalian mengikuti pengajian sore hari
  11. Bersiaplah untuk shalat magrib berjamaah di rumah atau di mushola maupun di Masjid
  12. Membaca Al qur’an setelah shalat magrib
  13. Setelah shalat isya kalian boleh beristirahat sambil nonton TV dan lain-lain. Pilih acara TV yang sesuai dengan dirimu.
  14. Persiapkan pelajaranmu untuk esok hari, bacalah kembali pelajaran yang sydah diajarkan atau pelajaran lanjutannya